Mengenai Saya

Foto saya
saya hanya seorang sederhana dan mencoba memaknai hidup saya dengan menjadi orang yang berguna

Jumat, 29 Januari 2010

Asap rokok,Bahaya membawa nikmat


Rokok memang selalu mengandung kontroversi, Tidak hanya di Indonesia sbagai gudang rokok kretek, tetapi juga seluruh penjuru dunia.Buktinya, saat pemerintah malasya menyatakan merokok adalah perbuatan dosa, langsung saja kaum muslim dan pabrik rokok protes.

Maklum, jika pemerintah Malasya benar-benar melarang warganya merokok, bukan hanya perokok yang menderita, tapi juga pabrik rokok dan puluhan ribu karyawannya.ini juga berarti mengurangi pendapatan Negara.apa yan dialami malsya ini sama halnya yang terjadi di Indonesia

Dalam masalah ini pihak dokterlah yang dianggap dilemma.meski membahayakan kehidupan rokok juga menjadi sumber kehidupan.Apalaggi, banyak juga dokter yang suka merokok.ionis sekali jika dokter melarang pasiennya merokok tapi dia sendiri juga merokok.

Sebenarnya bukan nikotinnya yang membahayakan tubuh, tetapi Tar-nya, tar inilah yang menjadi penyebab kanker paru. Selain iu merokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif menahun(PPOM). Misalnya bronchitis kronik, emfisema maupun radang tenggorokan.Kebanyakan perokok tidak peduli karena mereka sudah terlanjur enak.Orang menjadi pecandu rokok karena mereka menikmatinya.

Kecanduan rokok ini memang tidak bisa dilepaskan dari pengaruh nikotinnya. Apalagi nikotin ini mengandung banyak rasa enak di dalamnya :

1. Memberikan rasa nikmat

2. Menghilangkan kecemasan dan depresi

3. mengurangi ketegangan pada keadaan agitasi

4. Meningkatkan daya konsentrasi

5. meningkatkan ketahanan menghadapi stress

6. menenangkan orang yang gampang marah

Hal ini berhubungan dengan kemampuan nikotin mempengaruhi reseptor nikotinik kolinergik . Setiap batang rokok yang mengandung 5 sampai 30 mg/ml kubuk nikotin mampu meningkatkan pelepasan dopamine pada striatum ( Bagian pada otak besar yang melepaskan dopamine ). Dopamin merupakan neuro transmitter yang penting untuk mempertahankan fungsi normal tubuh. Itulah sebabnya, mengapa para perokok merasa nikmat saat merokok dan pusing saat tidak merokok.

Seperti diketahui, begitu seseorang menghisp rokok, nikotin langsung diserap paru dan mulut masuk ke dalam aliran darah. Kemudin, nikotin yng diserap oleh mukrosa pipi dan saluran napas. Sementara itu 80 sampai 90 % masuk ke alveoli paru.disini niktin diserap dengan begitu cepat.

Tujuh detik kemudian, nikotin mencapai susunan saraf pusat. Disana, waktu paro eliminasinya sekitar 2 jam atau bervariasi antara 1 sampai dengan 4 jam.

Di otak nikotin tadi akan berinteraksi dengan reseptor-reseptor tertentu. Naumn, dalam dosis tinggi justru menekan saraf pusat. Membuat pecandunya pusing bila tidak merokok sehingga mereka tidak bisa berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

digital camera

laptop